Ornamen Tembaga Kuningan

Coppertos adalah produsen seni kerajinan ornamen tembaga kuningan yang sudah berpengalaman sejak tahun 2000. Coppertos dapat menerima pemesanan seni kerajinan ukir kuningan dan ukir tembaga dalam partai besar ataupun kecil. 

Dalam arsitektur dan seni dekoratif, Ornamen merupakan dekorasi yang digunakan untuk memperindah bagian dari sebuah bangunan atau objek. Ornamen arsitektural dapat diukir dari batu, kayu atau logam mulia, dibentuk dengan plester atau tanah liat, atau terkesan ke permukaan sebagai ornamen terapan; dalam seni terapan lainnya, bahan baku objek, atau yang berbeda dapat digunakan. Berbagai macam gaya dekoratif dan motif telah dikembangkan untuk arsitektur dan seni terapan, termasuk tembikar, mebel, logam. Dalam tekstil, kertas dinding dan benda-benda lain di mana hiasan mungkin jadi pembenaran utama keberadaannya, pola istilah atau desain lebih mungkin untuk digunakan.

Ornamen-ornamen di Indonesia dapat dikelompokkan berdasarkan pola bentuk dan motifnya. Berikut jenis ornamen tembaga yang ada di Indonesia dikelompokkan menjadi 6, yaitu:

  1. Ornamen geometris adalah motif yang menggunakan unsur-unsur rupa seperti garis dan bidang. Pada umumnya, motif ini bersifat abstrak artinya bentuknya tidak dapat dikenali sebagai objek-objek alam, contohnya motif meander, pilin, lereng, banji, kawung, jlamprang dan tumpal.
  2. Ornamen organis motif manusia merupakan motif yang terinspirasi dari manusia. Ornamen ini dilambangkan sebagai pengambaran nenek moyang dan simbol kekuatan gaib untuk penolak bala. Contoh dari ornamen ini adalah ornamen dongson.
  3. Ornamen organis motif fauna adalah ornament berbentuk hewan atau binatang.
  4. Ornamen organis motif flora merupakan ragam hias berbentuk tumbuh-tumbuhan.
  5. Ornamen motif benda alam.
  6. Ornamen bentuk benda teknologi dan kaligrafi. Kamu dapat menemukan karya kaligrafi di tempat ibadah, seperti masjid.

Proses Pembuatan Ornamen Tembaga

Butuh waktu kurang lebih tiga minggu untuk menghasilkan panel tembaga berukuran 200cmx100cm. Jika dikombinasikan dengan tapestry, pengerjaannya memakan waktu empat minggu. Ini prosesnya. 

  1. Pembuatan pola dan tekstur. Menggunakan panel kayu.
  2. Pengetokan. Tembaga dibakar terlebih dahulu agar lebih mudah dibentuk.
  3. Pembersihan. untuk menghasilkan tembaga yang bersih.
  4. Pengasaman. untuk tampilan tembaga yang kusam.
  5. Pemasangan lembar tembaga pada panel.

Produk Coppertos cukup banyak digemari, diantaranya : 

  • Kerajinan Kaligrafi
  • Bathtube Tembaga
  • Kerajinan Logo Tembaga
  • Kerajinan Lampu Meja
  • Kerajinan Lampu Stand
  • Lampu Gantung
  • Relief
  • Patung
  • Kubah Masjid
  • dan masih banyak lagi.

Coppertos juga menyediakan stok produk siap pakai serta pemesanan sesuai dengan desain atau selera konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Promo Kerajinan Tembaga Kuningan
Call Now